Unila Peringkat 2 Sumatera

Oleh Okta Aditya Senin, 18 Juli 2016


PERINGKAT KE-2 SUMATERA – UNIVERSITAS Lampung terus berupaya meningkatkan kualitasnya, baik dari segi akademik, maupun sarana prasarana. Unila ditetapkan sebagai Universitas terbaik kedua di Pulau Sumatera setelah USU, Medan.
Foto : Tampan/Kupas Tuntas





Kupastuntas.co, Bandar Lampung – Sistem pemeringkatan website 4ICU atau 4 International College and University pada pertengahan Juli 2016 ini kembali menerbitkan peringkat perguruan tinggi (PT) di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.


Dalam rilisnya, 4ICU mendudukkan Universitas Lampung (Unila) di peringkat 16 besar universitas terbaik di Indonesia. Posisi itu juga menempatkan Unila sebagai dua besar perguruan tinggi terbaik se-Sumatera, di atas Universitas Sumatera Utara (USU). Sebelumnya pada Februari 2016 lalu, ristekdikti.go.id melansir posisi Unila masih bertengger di peringkat 22.

Rektor Unila Hasriadi Mat Akin melalui Kasubbag Humas M. Badrul Huda mengatakan, Unila telah memantapkan tekad untuk melanjutkan darmabakti yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) untuk menjadi sepuluh universitas terbaik (top ten university) pada 2025.

“Visi ini bukan hal yang mustahil mengingat banyak juga prestasi yang sudah diraih Unila. Penilaian yang diberikan 4ICU ini bisa menjadi modal untuk mempercepat langkah kita (Unila) mewujudkan visinya. Untuk itu, diharapkan peran aktif dari semua pihak untuk bersama-sama mewujudkannya,” kata Badrul, Sabtu (16/7/2016).

Diketahui, organisasi penilaian 4ICU merupakan suatu search engine (mesin pencari) dan direktori yang melakukan penilaian berdasarkan kepopuleran situs yang dimiliki oleh 11.000 perguruan tinggi di seluruh dunia yang telah terakreditasi dan tersebar dalam 200 negara.

4ICU menjadi patokan apakah universitas tersebut baik atau tidak, karena secara logika jika website sebuah universitas tersebut memiliki peringkat yang baik, tentu akan terjadi interaksi akademis, baik dari dalam maupun luar pihak sivitas akademika. Pertimbangan lainnya, bahwa lembaga yang baik akan mengelola websitenya dengan baik dan website yang baik pasti dikelola oleh lembaga yang baik pula.


Dalam melakukan penilaian, pemeringkatan popularitas perguruan tinggi di dunia internet yang dilakukan 4ICU menggunakan algoritma dari lima web metric berbeda yakni Google Page Rank, Alexa Traffic Rank, Majestic Seo Referring Domains, Majestic Seo Citation Flow, dan Majestic Seo Trust Flow. Pada tahun 2016 ini tercatat 11.606 perguruan tinggi dari 200 negara yang dinilai 4ICU.
Perguruan tinggi yang dinilai dalam pemeringkatan ini adalah perguruan tinggi yang diakui, terlisensi, dan terakreditasi oleh kementerian pendidikan di negara masing-masing. Kemudian memiliki program sarjana, pascasarjana, serta menggunakan metode tatap muka dalam proses pembelajaran. (Tampan)



Sumber: https://kupastuntas.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar